BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Jumat, 14 Januari 2011

PSSI Akan Bertindak Tegas

Kisruh PSSI dan Liga Primer Indonesia (LPI) kian panas. PSSI mengantongi peraturan FIFA untuk menindak pelanggaran yang dilakukan Arifin Panigoro dkk. Klub, pelatih, pemain, perangkat pertandingan, dan agen terancam hukuman.

“Melihat perkembangan yang ada, LPI tidak bisa dibiarkan. Padahal sebelumnya, PSSI telah memberi penjelasan, namun tidak ditanggapi dengan baik. Kalau mau, ikut peraturan PSSI dan mulai dari Divisi 3,” ujar Sekretaris PSSI, Nugraha Besoes, di Jakarta, Kamis (13/1).

“Saya mau coba jelaskan dari awal. Ketika itu, saya minta izin Exco dan Ketua Umum PSSI, untuk bertemu dengan Andi Bassalama. Waktu itu, ia tidak mengatasnamakan dirinya bersal dari LPI. Saya dengar programnya dan mengatakan kalau mau mari bergabung ke PSSI,” kata Besoes.

“Kalau LPI berjalan sendiri, bisa bahaya. Tapi, tunggu punya tunggu ternyata mereka tidak datang dan langsung menggelar kompetisi. Siapa yang tidak punya etika di sini? Katanya mau memperbaiki sepak bola nasional,” tambah Besoes.

Lebih lanjut Besoes mengatakan, dirinya tak membela individu, namun organisasi. “Tak boleh ada yang mengacak-acak PSSI. Semua ada aturannya. PSSI adalah satu-satunya organisasi tertinggi sepak bola yang berdaulat di luar dan di dalam negeri.”

“Sepulangnya dari Qatar, Exco PSSI mengadakan rapat. Tanggal 10 kami kirim surat kepada FIFA. Dan sehari kemudian dibalas. Isinya: ...This event (kompetisi LPI) unacceptable. Pemain, klub, pelatih, perangkat pertandingan, dan agen bakal kena hukuman,” jelas Besoes.

“Ini menjadi pegangan kuat buat kita. Peran PSSI, mengontrol sepak bola di dalam negara anggota FIFA. Kompetisi di dalam negara harus mendapat rekomendasi dari organisasi atau federasi yang sah. Atas dasar itu, sesuai dengan statuta FIFA maka PSSI bakal menindak tegas semua pihak yang berkecimpung,” terang Besoes.

Besoes menuturkan, apabila masalah ini tetap berjalan, maka FIFA akan menindaklanjutinya. "Kalau sudah menindak tetapi mereka (LPI) terus berlanjut, FIFA akan mencarikan jalan keluar di rapat nanti," pungkas Besoes.

Bookmark and Share

0 komentar: